Hasil Uji Coba: Timnas Indonesia Keok Lagi dari Libya, Piala Asia 2023 Sudah Dekat Lho!

Hasil Uji Coba: Timnas Indonesia Keok Lagi dari Libya, Piala Asia 2023 Sudah Dekat Lho!Hasil Uji Coba: Timnas Indonesia Keok Lagi dari Libya, Piala Asia 2023 Sudah Dekat Lho!

 Timnas Indonesia takluk 1-2 dari Timnas Libya dalam uji coba di Stadion Titanic Mardan, Antalya, Turki, pada Jumat (5/1/2024) malam WIB sebagai persiapan untuk Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia unggul lebih dulu pada menit keenam. Ivar Jenner berakselerasi ke kotak penalti Libya untuk memberikan umpan kepada Yakob Sayuri.

Witan Sulaeman, yang berdiri di kotak penalti Libya, sempat melakukan gerakan seolah-olah akan menerima passing dari Ivar Jenner itu.

Namun, Witan dengan cerdik membiarkan bola untuk dieksekusi oleh Yakob, yang berada di belakangnya, dan tinggal melepaskan tendangan keras ke sisi kiri gawang Libya.

Tiga menit berselang, Libya mampu menyamakan kedudukan melalui Osama Elsharimi yang melancarkan sepakan kencang ke gawang Timnas Indonesia.

Blunder Rizky Ridho

Winger Timnas Indonesia, Yakob Sayuri mencetak gol ke gawang Timnas Libya.
Winger Timnas Indonesia, Yakob Sayuri mencetak gol ke gawang Timnas Libya.

Libya berbalik unggul via Ahmed Ekrawa pada menit ke-20. Kejadian berawal dari blunder Rizky Ridho, yang melakukan back-pass ke kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari.

Namun, operan Rizky Ridho terlalu pelan sehingga bisa dikejar oleh Ahmed Ekrawa. Dengan mudah, pemain bernomor punggung sembilan itu melewati Ernando Ari untuk membobol gawang Timnas Indonesia.

Libya hampir saja menjauh atas Timnas Indonesia. Sebab, armada Milutin Sredojevic itu sempat mencetak gol ketiga lewat Fadel Mansour pada menit ke-53, namun dianulir wasit karena offside.

Berbagai Peluang Emas

Timnas Indonesia mendapatkan peluang emas melalui Marselino Ferdinan pada menit ke-60 bermula dari penetrasi Yakob Sayuri ke kotak penalti Libya.

Alih-alih melepaskan tendangan keras, Yakob memilih untuk mengoper ke Marselino. Namun, gelandang berusia 19 tahun itu membuang kesempatan. Sepakannya masih melambung dari gawang lawan.

Pada menit ke-88, Justin Hubner membuang kesempatan besar untuk menyamakan kedudukan. Menerima passing dari Rizky Ridho, bek naturalisasi itu telah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Libya, Murad Alwuheeshi.

Justin Hubner mencatatkan debut bersama Timnas Indonesia senior pada laga uji coba melawan Libya di Titanic Mardan Stadium, Atalya, Turki, Selasa (2/1/2024) malam WIB.
Justin Hubner mencatatkan debut bersama Timnas Indonesia senior pada laga uji coba melawan Libya di Titanic Mardan Stadium, Atalya, Turki, Selasa (2/1/2024) malam WIB.

Penyelesaian Akhir Jadi Masalah

Namun, Hubner kurang tenang dalam mengeksekusi bola. Sepakan kapten Wolverhampton Wanderers U-21 ini masih bisa ditepis Murad Alwuheeshi.

Penyelesaian akhir masih menjadi permasalahan akut Timnas Indonesia. Bayangkan, Ramadhan Sananta mempunyai ruang untuk melancarkan tendangan ke gawang Libya pada menit ke-90+2.

Hanya saja, ayunan kaki kirinya terlalu pelan. Tendangan penyerang asal Persis Solo itu masih menyamping dari sisi kiri gawang Libya.

Lawan Iran

Sampai pertandingan selesai, skor tidak berubah. Timnas Indonesia kembali keok dari Libya, kali ini 1-2 setelah dibantai 0-4 pada Selasa (2/1/2024).

Timnas Indonesia akan memainkan satu uji coba lagi sebelum Piala Asia 2023 Qatar yang bakal digelar pada 12 Januari-10 Februari 2024.

Tim berjulukan Skuad Garuda itu akan berhadapan dengan sesama peserta Piala Asia 2023, Timnas Iran, di Qatar pada 9 Januari tahun ini.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia (3-4-2-1): Ernando Ari; Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott; Yakob Sayuri, Ivar Jenner, Justin Hubner, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan; Rafael Struick

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Libya (4-3-3): Murad Alwuheeshi; Ali Almusrti, Osamah Alsureet, Ahmed Fakrounshaalah, Osama Elsharmi; Nouradin Elgelaib, Daniel Elfadli, Elmahdi Elkout; Fadel Mansour, Mohamed Tubal, Ahmed Ekrawa

Pelatih: Milutin Sredojevic

Sumber : bola.com

By naga

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *