Liverpool Digugat Gara-Gara Dugaan Rasis Ke Pelamar Kerja Keturunan Asia

By naga Dec 29, 2023 #Liverpool Digugat
Liverpool DigugatLiverpool Digugat

Nagaliga.news – Seorang pria Inggris-Asia menggugat Liverpool dengan alasan mereka melakukan diskriminasi rasial terhadapnya dengan menolak lamaran pekerjaannya.

Asad Farooq, pria berusia 25 tahun dengan gelar di bidang manajemen stadion dan acara yang pernah bekerja untuk Tottenham dan Piala Dunia di Qatar, melamar ke Liverpool pada November tahun lalu untuk posisi administratif, namun dia tidak diundang untuk sesi wawancara. Karena deskripsi pekerjaan menyatakan bahwa pelamar yang ideal akan “memiliki pengalaman bekerja di lingkungan olahraga elite,” Farooq berpikir dia memiliki peluang yang layak untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Namun, The Guardian melaporkan, dia diberitahu bahwa individu yang dipilih untuk wawancara memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi daripada pengalaman yang dia sebutkan dalam lamarannya.

Farooq kemudian mempekerjakan Yunus Lunat, seorang pengacara dan orang Muslim pertama yang bertugas di dewan Federasi Sepakbola Inggris (FA) dan sebagai perwakilan etnis minoritas di komite pendukung resmi Liverpool, setelah mengetahui melalui LinkedIn bahwa individu yang ditunjuk untuk posisi tersebut tampaknya cuma pernah sekali bekerja penuh waktu sejak lulus pendidikannya dan tidak memiliki pengalaman sepakbola.

Farooq berkata: “Sebagai orang Asia Selatan, saya telah bekerja sangat keras untuk mendapatkan kesempatan ini dan sepertinya tidak ada seorang pun yang memberi saya peluang. Saya lebih dari mampu melakukan pekerjaan [Liverpool]. Saya tidak akan membatalkannya [gugatan], karena mereka mengklaim bahwa mereka mengutamakan keberagaman, mereka mengklaim bahwa mereka ingin orang-orang Asia Selatan masuk ke industri sepakbola, namun kemudian mereka melakukan praktik rekrutmen yang buruk dan tidak memberi kita peluang tersebut. Mereka berbicara tentang bagaimana mereka ingin mendobrak hambatan, namun hal ini tidak meruntuhkan hambatan tersebut.”

Farooq mengatakan bahwa meskipun ada permintaan, klub belum memberinya data keberagaman. Laporan Kode Keberagaman Kepemimpinan Sepakbola 2022/23 dari FA berisi satu-satunya data yang dapat diakses publik. Hal ini menetapkan tujuan untuk memiliki 15% individu yang baru direkrut dalam peran kepemimpinan senior dan operasi tim adalah orang kulit hitam, Asia, atau keturunan campuran. Hasil perekrutan pemain baru Liverpool masing-masing adalah 0% dan 9%, sedangkan hasil keseluruhan untuk 54 tim yang mendaftar adalah 9,1% dan 11,2%. Delapan puluh dua persen dari kandidat laki-laki dan enam puluh delapan persen kandidat perempuan dalam daftar wawancara Liverpool adalah orang kulit hitam, Asia, atau keturunan campuran.

Menurut The Guardian, klub tersebut menolak memberikan data keberagaman atau mengomentari kasus Farooq saat proses hukum sedang berlangsung. Diharapkan pada sidang pengadilan ketenagakerjaan pada bulan Maret, kasus tersebut akan diupayakan untuk dibatalkan.

Sumber : goal.com

By naga

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *