Ini Cara Bikin Karakter Doraemon Versi Kearifan Lokal Pakai AI

ini-cara-bikin-karakter-doraemon-versi-kearifan-lokal-pakai-ai
ini-cara-bikin-karakter-doraemon-versi-kearifan-lokal-pakai-ai

Nagaliga.news – Kreasi karakter Doraemon versi kearifan lokal yang dibuat oleh kreator konten, Pasko Boyoh viral di dunia maya pada Jumat (3/11/2023). Mulai dari Nobita, Doraemon, Shizuka, Giant, dan Suneo dia ubah layaknya anak-anak desa di Indonesia.

Pasko Boyoh lantas membagikan cara untuk membuatnya. Kepada MNC Portal Indonesia, dia mengatakan kreasi ulang karakter Doraemon dibuat dengan memanfaatkan aplikasi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Read More
“Saya menggunakan program kecerdasan buatan Midjourney,” jelas Pasko Boyoh.

Untuk menghasilkan gambar kreasi ulang karakter Doraemon seperti yang beredar di Instagram dan X, Pasko menyebut membutuhkan beberapa penyesuaian deskripsi. Pasalnya program kecerdasan buatan Midjourney meminta Anda untuk mendeskripsikan gambar yang Anda inginkan.

Pada tahap ini dia ingin karakter-karakter yang ada di Doraemon benar-benar terlihat seperti anak-anak desa di Indonesia. Sehingga deskripsi atau perintahnya harus lebih rinci.

“Menghasilkan gambar seperti dalam unggahan di sosmed ini saya butuh beberapa kali menyesuaikan deskripsi atau perintah buat AI agar bisa menghasilkan gambar yang sedekat mungkin dengan karakter, dalam hal ini karakter dalam seri kartun anak-anak popular Doraemon,” ujarnya.

Menariknya kreasi Pasko Boyoh justru langsung menuai pujian. Diketahui ada sembilan karakter Doraemon yang dikreasi ulang oleh Pasko Boyoh. Mereka adalah Doraemon, Nobita, Shizuka, Suneo, Giant, Jaiko, Tamako Nobi (Ibu Nobita), dan Nobisuke Nobi (Ayah Nobita).

Kesembilan karakter tersebut tampil dengan ciri khas yang sangat dekat dan kental nuansa Indonesia. Tidak terlihat lagi ciri khas Asiatic-Mongoloid di kesembilan karakter tersebut.

Alih-alih kesembilan karakter tersebut kuat dengan nuansa ras Melayu-Mongoloid dengan mata besar, wajah bulat, kulit sawo matang, dan rambut kaku.

Contohnya saja Nobita yang wajahnya tidak lagi terlihat sangat Jepang tapi mirip anak-anak pedesaan Indonesia. Hanya saja Pasko Boyoh masih mempertahankan ciri khas Nobita yakni rambut tipis dan kaca mata bulat.

Wajah Shizuka juga sangat berbeda dengan yang ada di serial animasi Doraemon. Matanya yang bulat dan kuping yang besar membuatnya seperti anak-akan perempuan di Indonesia yang terlihat manis.

Jika dua karakter Nobita dan Shizuka banyak disukai karena tampilannya yang manis, sebaliknya karakter Suneo dan Giant justru paling bikin heboh. Soalnya Suneo dan Giant benar-benar paling terasa nuansa lokalnya.

Giant versi lokal Indonesia memiliki kulit hitam yang seperti terbakar matahari. Mukanya yang bulat dan mata lebar membuat Giant jadi benar-benar seperti anak-anak Indonesia yang gemar bermain di lapangan.

Begitu juga dengan Suneo yang justru jadi lebih menarik dibanding versi animasi. Lagi-lagi mata bulat, kuping besar, dan rambut yang kaku justru membuat Suneo jadi terlihat seperti anak Indonesia yang jahil. Bahkan bisa dibilang cukup tampan dibanding karakter Doraemon lainnya.

“Kalau Suneonya begitu, aku mau, Suneo aku padamu,” puji akun X @Popipu162022.

Sumber : OKEZONE.COM

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *