Viral, Jakarta Diprediksi akan Tenggelam pada Tahun 2100!

By naga Dec 25, 2023 #jakarta
viral-jakarta-diprediksi-akan-tenggelam-pada-tahun-2100viral-jakarta-diprediksi-akan-tenggelam-pada-tahun-2100

Nagaliga.news – Warganet di Tanah Air baru-baru ini dihebohkan dengan adanya kabar mengenai Ibu Kota Negara Indonesia, Jakarta yang diprediksi akan tenggelam pada tahun 2100. Tidak main-main, Jakarta bahkan ada di urutan pertama dari total 11 kota di seluruh dunia yang masuk ke dalam daftar prediksi tersebut.

Dalam postingan yang diunggah World Statistics di akun resmi X/Twitter mereka, 11 kota dari berbagai belahan dunia itu disebut akan “menghilang” pada tahun 2100 yang dituliskan dalam urutan sebagai berikut.

1. Jakarta, Indonesia

2. Lagos, Nigeria

3. Houston, Texas

4. Dhaka, Bangladesh

5. Venesia, Italia

6. Virginia Beach, Virginia

7. Bangkok, Thailand

8. New Orleans, Louisiana

9. Rotterdam, Belanda

10. Alexandria, Mesir

11. Miami, Florida

Sumber daftar tersebut sejatinya berasal dari data yang diterbitkan oleh World Economic Forum. Jika mengacu pada hal tersebut, maka daftar 11 kota yang akan tenggelam pada 2100 ini sebenarnya bukanlah berita baru.

Melansir dari salah satu artikel yang dibagikan di laman resminya, Jumat (22/12/2023), World Economic Forum telah membagikan prediksi tersebut sejak 2019 lalu. Di dalamnya juga termasuk mengenai beberapa alasan di balik adanya prediksi itu sendiri.

Beberapa kota dalam daftar tersebut dijelaskan akan tenggelam sebagai akibat dari adanya peningkatan suhu global dan permukaan air laut. Sementara itu, kota-kota lainnya akan tenggelam karena pemompaan air tanah yang berlebihan hingga terjadinya perubahan tekanan dan volume, seperti halnya yang terjadi di Jakarta.

Sebagian besar dari kota Jakarta bahkan disebut memiliki kemungkinan besar untuk tenggelam lebih cepat pada tahun 2050 mendatang. Ini tidak terlepas dari wilayahnya yang terus tenggelam sekitar 6,7 inci per tahun.

Saat ini, pemerintah sendiri tampaknya sedang bersiap dalam menghadapi kemungkinan tersebut melalui pengadaan proyek pemindahan ibu kota negara ke wilayah Kalimantan yang nantinya disebut sebagai Nusantara.

Sumber : okezone.com

By naga

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *