Kominfo Rilis Visi Indonesia Digital 2045Kominfo Rilis Visi Indonesia Digital 2045

Nagaliga.news – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi merilis Visi Indonesia Digital (VID) 2045 sebagai bentuk dukungannya terhadap Visi Indonesia Emas 2045.

Sebagai pendoman para stakeholder, Visi Indonesia Digital 2045 sengaja diciptakan untuk mencapai target nasional jangka panjang dan diharapkan mampu mengakselerasi transformasi menuju transformasi digital serta bedaya saing tinggi.

“Visi Indonesia Digital 2045 menawarkan rute alternatif guna memperkaya berbagi upaya dan strategi yang sudah ada dengan menyoroti pemanfaatan teknologi digital secara produktif dan terarah,” tutur Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi dikutip dari situs menpan.go.id, Jumat (15/12/2023).

Budi berpendapat bahwa VID 2045 berfokus pada pembangunan berbagai dokumen strategis bidang digital, termasuk rencana induk industri digital 2045 yang disusun oleh Bappenas dan juga strategi nasional ekonomi digital yang telah diluncurkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada minggu lalu.

Dokumen strategis ini mengajak para stakeholder merefleksikan semangat kolaboratif dalam mendukung realisasi transformasi digital indonesia yang inklusif dan berkelanjutan.

“Saya berharap VID 2045 itu dapat menjadi acuan bagi seluruh pemangku kepentingan dalam membuat sekaligus mengimplementasikan berbagai kebijakan yang ditujukan untuk dapat mewujudkan dan menyukseskan transformasi digital Indonesia,” ucap Budi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kominfo, Mira Tayyiba menyatakan bahwa VID 2045 telah disusun dan dikaji bersama salah satu konsultan internasional sejak tahun lalu.

Hasil kajian tersebut kembali dirundingkan oleh para stakeholder untuk mencapai kesepakatan ideal, setelah itu barulah VID 2045 diperkenalkan secara resmi kepada publik.

“VID (2024) merupakan opsi rekomendasi arah kebijakan dalam perencanaan transformasi digital dengan mengusung tema mewujudkan ekosistem digital yang inklusif dan kolaboratif berbasis inovasi untuk mendukung Indonesia maju berdaulat dan berkelanjutan. VID mengurai fisik tersebut ke dalam misi sasaran dan strategi,” tutur Mira.

VID 2045 diposisikan sebagai opsi rekomendasi yang bersifat living document, sehingga akan terus diperbarui sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan negara.

“Kami berharap VID dapat menjadi inspirasi dan dorongan bagi kita semua untuk terus bekerja sama bersinergi berkolaborasi dalam menuntaskan agenda transformasi digital. Untuk itu mari kita bersama membangun Indonesia digital untuk Indonesia maju,” tambah Mira.

 

Sumber : LIPUTAN6.COM

By naga

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *