Liga Super Eropa Kembali?! FIFA & UEFA Siap-Siap Gigit Jari

Liga Super EropaLiga Super Eropa

Nagaliga.news – Proyek Liga Super Eropa mungkin bisa dilanjutkan setelah hakim di Pengadilan Eropa memutuskan bahwa pelarangan liga itu melanggar hukum Uni Eropa.

Pengadilan Eropa (EJC) telah menyampaikan keputusannya mengenai usulan Liga Super Eropa dan memberikan pukulan telak kepada FIFA dan UEFA. ECJ telah menyatakan bahwa pelarangan pembentukan kompetisi ini bertentangan dengan hukum UE, dan berpotensi membuka jalan bagi kebangkitan kembali kompetisi tersebut.

Keputusan tersebut menyatakan bahwa ketika menyangkut potensi kompetisi baru, baik FIFA dan UEFA harus memastikan kekuasaan mereka “transparan, objektif, tidak diskriminatif dan proporsional”.

ECJ melanjutkan dengan menambahkan: “Namun, kekuasaan FIFA dan UEFA tidak tunduk pada kriteria tersebut. Oleh karena itu, FIFA dan UEFA menyalahgunakan posisi dominan mereka.”

“Selain itu, mengingat sifatnya yang sewenang-wenang, peraturan mengenai persetujuan, pengendalian dan sanksi harus dianggap sebagai pembatasan yang tidak dapat dibenarkan terhadap kebebasan memberikan layanan.”

“Itu tidak berarti bahwa kompetisi seperti proyek Liga Super harus disetujui. Pengadilan tidak memutuskan proyek spesifik tersebut dalam penilaiannya.”

Dua belas klub mengumumkan pembentukan Liga Super Eropa pada bulan April 2021 tetapi dengan cepat proyek itu kolaps ketika tim-tim mengundurkan diri di tengah kritik besar dan protes penggemar. Raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid tetap menjadi dua klub yang mendukung rencana tersebut tetapi kini rencana tersebut dapat dihidupkan kembali setelah keputusan ECJ.

A22, perusahaan di balik proyek awal, mengatakan mereka telah “memenangkan hak untuk bersaing” dalam sebuah postingan di media sosial setelah keputusan tersebut diumumkan.

Masih harus dilihat apakah keputusan ECJ akan membuka jalan bagi kembalinya peluang Liga Super bisa berlanjut. Fans sangat vokal dalam protes mereka terhadap usulan pemisahan diri dari liga dan ada kritik dari semua pihak. Memang manajer Liverpool Jurgen Klopp tidak merahasiakan fakta bahwa dia menentang rencana tersebut yang masih menghadapi tentangan besar meski pun ada keputusan hari ini.

 

Sumber : www.goal.com

By naga

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *