Liga Super Eropa: Format Baru Diumumkan, Melibatkan 64 Klub

Format Baru Liga Super EropaFormat Baru Liga Super Eropa

Nagaliga.news – Liga Super Eropa telah diubah dengan format turnamen baru setelah keputusan pengadilan menghentikan UEFA melarang pembentukan kompetisi baru.

Sebuah proposal baru untuk Liga Super Eropa (ESL) kompetisi pria telah diluncurkan, menghadirkan struktur yang diubah yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap sepakbola yang kompetitif dan dinamis di seluruh Eropa. Kompetisi ini menampilkan piramida lintas Eropa dengan tiga divisi: Liga Bintang, Liga Emas (masing-masing dengan 16 klub), dan Liga Biru (terdiri dari 32 klub). Partisipasi didasarkan pada prestasi olahraga, dan tidak ada anggota tetap di liga.

FORMAT KOMPETISI

Akan ada promosi dan degradasi tahunan antar liga. Namun, promosi ke Liga Biru tingkat ketiga bergantung pada kinerja di liga domestik.

Klub akan memainkan pertandingan kandang dan tandang yang diselenggarakan dalam grup beranggotakan delapan tim, memastikan minimal 14 pertandingan per tahun. Di akhir musim, babak sistem gugur akan menentukan juara setiap liga dan klub yang akan promosi. Proposal tersebut menjamin tidak ada penambahan hari kalender pertandingan di luar kompetisi yang ada, dan pertandingan tengah pekan tidak akan mengganggu kalender liga domestik. Pada tahun perdananya, klub-klub akan dipilih berdasarkan kriteria kinerja yang transparan.

Kompetisi ini juga akan memiliki kompetisi wanita dengan dua liga yang masing-masing terdiri dari 16 klub.

Perusahaan pengembangan olahraga A22, yang bekerja di belakang layar proyek Liga Super Eropa mengeluarkan pernyataan yang berbunyi: ‚ÄúVisi ini didasarkan pada konsultasi ekstensif dengan berbagai pemangku kepentingan sepak bola di seluruh Eropa dan dibangun berdasarkan prinsip-prinsip inti kami termasuk berbasis partisipasi berdasarkan prestasi olahraga [dan] tidak ada anggota tetap.”

“Klub-klub yang berpartisipasi tetap berada di liga domestik mereka yang tetap menjadi fondasi sepakbola Eropa. Kini klub-klub dapat menentukan masa depan mereka sendiri di tingkat Eropa, kami menantikan keterlibatan lebih lanjut dengan pemangku kepentingan sepakbola untuk mencapai tujuan semua kompetisi olahraga besar.”

Penting untuk dicatat bahwa keputusan Pengadilan Eropa tidak serta merta menjamin kembalinya Liga Super Eropa. Masa depan kompetisi ini masih belum pasti, dan dampak sebenarnya dari keputusan tersebut kemungkinan besar akan terungkap seiring berjalannya waktu.

 

Sumber : www.goal.com

By naga

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *