Mahfud Md: Seandainya Korupsi di Pertambangan Diberantas, Tiap Rakyat Bisa Dapat Rp20 Juta per Bulan Gratis

NAGALIGA NEWS – Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud Md mengatakan bahwa setiap rakyat Indonesia bisa mendapat Rp20 juta per bulan secara gratis jika korupsi di sektor pertambangan diberantas. Mahfud Md menyebut, data tersebut ilmiah.

“Saya pernah mengatakan, bahwa seandainya korupsi di sektor pertambangan saja bisa dihapus, diberantas. Maka setiap orang rakyat Indonesia bisa mendapat Rp20 juta setiap bulan gratis. Bukan pinjaman tapi diberikan,” kata Mahfud dalam diskusi diaspora warga NTT se-Jabodetabek di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/12/2023).

Mahfud yang juga Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) ini mengutip data resmi yang diumumkan mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2011-2015 Abraham Samad. Menurutnya, kala itu KPK di bawah kepemimpinan Abraham Samad melakukan riset.

Mahfud menyatakan, riset melibatkan para ahli yang berasal dari berbagai negara, seperti ahli tambang, ahli korupsi, hingga ahli ekonomi. Mahfud berujar, saat itu Samad menyebut jika korupsi di sektor pertambangan ditutup, maka kekayaan negara yang melimpah bakal bisa dirasakan rakyat.

“Lalu kesimpulannya Pak kalau di tempat Anda korupsi di bidang pertambangan aja, pertambangan kita kan banyak, ada emas, nikel, batubara, dan sebagainya, itu kalau itu ditutup aja negara ini sudah kaya raya, rakyatnya makmur. Itu saya katakan yang dikatakan Abraham Samad dan ada jejak digitalnya,” ucap Mahfud.

Lebih lanjut, Mahfud mengaku maraknya korupsi dia rasakan ketika menjabat sebagai Menko Polhukam. Lewat pengalamannya itu, dia percaya data riset KPK era Abraham Samad terbukti benar adanya.

“Kok rasanya benar karena korupsinya di mana-mana ada backing mafia tambang gitu. Lalu di situ ketika kami selesaikan, kalau ada jaksanya bagus, jaksanya ditindak atau dinaikkan pangkat agar enggak ngurusi kasus. Itu lah sebabnya. Yang saya katakan sudah diketahui umum hanya orang enggak berani katakan,” ungkap Mahfud.

SUMBER : LIPUTAN6.COM

By naga

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *