Persib Bandung Umumkan Usia Klub Lebih Tua 14 Tahun, Januari Langsung HUT Ke-105

Persib_BandungPersib_Bandung

Nagaliga.News – Kunto menyatakan pemberitaan surat kabar Kaoem Moeda edisi 7 Januari 1919 menjadi salah satu fakta pembentukan Persib.

Manajemen Persib Bandung secara resmi mengumumkan usia klub bermarkas di Kota Kembang ini ternyata 14 tahun lebih tua dibandingkan sebelumnya, dan langsung merayakan hari jadi ke-105 pada 5 Januari 2024.

Selama ini 14 Maret 1933 disebut sebagai hari kelahiran Persib. Namun berdasarkan hasil penelitian, hal itu dianggap tidak masuk akal, karena Persib terlibat dalam pembentukan PSSI pada 19 April 1930.

Kejanggalan ini membuat Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (FIB Unpad) Prof. Kunto Sofianto membentuk tim peneliti dan berinisiatif untuk memberikan rekomendasi penelitian ke manajemen.
Kunto memaparkan, penetapan 5 Januari 1919 sebagai hari jadi Persib berdasarkan adanya momen kesepakatan dalam rapat 13 klub pribumi seperti KBS, Bintang Bandoeng (BB), Steeds trappen en rennen (STER), Doe is alles niet achteruit (Diana), Zwaluw, BIVC, BVC, KVC, VVC, Visser, NVC, Brom dan Pasar Ketjil untuk mendirikan sebuah bond atau perserikatan bernama Bandoengsch Inlansch Voetbal Bond (BIVB).

Fakta tersebut ditemukan dalam pemberitaan surat kabar Kaoem Moeda edisi 7 Januari 1919. Menurut Kunto, ke-13 klub pribumi tersebut memutuskan membentuk bond tersendiri sebagai bentuk ‘perlawanan’ terhadap diskriminasi yang dilakukan bond Hindia Belanda, Bandoengsch Voetbal Bond (BVB) terhadap sepakbola bumiputera.

“Riset hari jadi ini dilakukan untuk menjawab keresahan dan bahkan keraguan yang muncul dalam satu dekade terakhir, terutama dari pegiat literasi, jurnalis dan Bobotoh Persib karena tidak adanya bukti otentik dasar penetapan hari jadi Persib pada tanggal 14 Maret 1933,” jelas Kunto dilansir laman resmi klub.

“Dalam perspektif historis, tanggal 14 Maret 1933 yang selama ini diyakini sebagai hari jadi Persib, tidak berdasarkan fakta sejarah bila dikaitkan dengan peran BIVB dalam proses pendirian PSSI pada tanggal 19 April 1930.”

“Setelah melewati langkah-langkah ilmiah yang lumayan panjang, termasuk uji publik melalui Focus Group Discussion (FGD) secara terbuka, kami berkeyakinan untuk menyimpulkan tanggal 5 Januari 1919 bisa dijadikan sebagai hari jadi Persib.”

CEO PT Persib Bandung Bermartabat Glenn Sugita menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada tim peneliti atas kerja kerasnya untuk menjawab kegelisahan dan keraguan publik terkait hari jadi Maung bandung.

“Setelah hasil riset ini ditetapkan, mulai tahun depan, Persib akan memperingati hari jadinya setiap tanggal 5 Januari. Kami berharap penetapan hari jadi yang baru ini bisa menghadirkan berkah, dan Persib semakin berjaya di kemudian hari,” kata Glenn.

 

Sumber : goal.com

By naga

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *