Panitia Ballon d’Or 2023: Tahun Ini Sangat Ketat

TROFI_BOLA_EMAS_SIMBOL_INDIVIDU_TERBAIK_DI_SEPAK_BOLATROFI_BOLA_EMAS_SIMBOL_INDIVIDU_TERBAIK_DI_SEPAK_BOLA

Nagaliga.News – Panitia penyelenggara Ballon d’Or 2023 dari Football France menyatakan persaingan sengit terjadi dalam pemilihan pemenang ajang individu terbaik.
Kandidat pemenang Ballon d’Or 2023 sudah diumumkan sejak awal September 2023. Dari 30 nama yang ada dalam daftar nomine, setidaknya ada tiga nama yang mencuat yakni Lionel Messi, Erling Haaland, dan Kylian Mbappe. Ketiganya punya capaian prestasi yang cukup brilian pada musim kompetisi 2022/2023.

Beberapa jurnalis olahraga terkemuka Eropa seperti Fabrizio Romano menyebut Messi sudah hampir pasti meraih Ballon d’Or yang kedelapan sepanjang kariernya mengingat keberhasilan menjadi juara dunia.

Di sisi lain Haaland juga memiliki prestasi yang tidak bisa dianggap remeh lantaran bisa membawa Manchester City menjadi juara Liga Champions, Liga Inggris, dan Piala FA. Haaland bahkan juga memecahkan rekor top skor Liga Inggris.

Mbappe juga punya catatan individu yang patut mendapat sorotan kendati gagal di Piala Dunia dan hanya sukses di level kompetisi sepak bola Prancis bersama PSG.

Redaktur France Football, selaku pemilik acara Ballon d’Or, Vincent Garcia mengatakan pemilihan pemenang acara perebutan trofi Bola Emas itu begitu sengit.

“Sangat ketat tahun ini… Sangat, sangat ketat,” kata Garcia dikutip dari akun Twitter Telefoot.

Dalam unggahan yang sama disebutkan pula pemenang Ballon d’Or tahun ini tidak akan lepas dari Messi, Haaland, atau Mbappe.

Messi sudah pernah meraih Ballon d’Or sebanyak tujuh kali yakni pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, dan 2021. Sementara Haaland dan Mbappe belum pernah merebut penghargaan yang sudah diberikan kepada individu-individu terbaik lapangan hijau sejak 1956 tersebut.

Proses pemilihan pemenang Ballon d’Or diikuti jurnalis-jurnalis dari negara-negara berperingkat 100 besar FIFA.

Para jurnalis tersebut memilih lima nama yang ada dari 30 daftar nomine dengan urutan satu sampai lima. Pemain yang menempati urutan pertama akan mendapatkan bobot poin enam, sementara pemain urutan kedua sampai kelima secara beruntun akan mendapatkan bobot poin empat hingga satu.

Total bobot poin masing-masing pemain akan dijumlah dan sosok dengan poin terbesar akan diumumkan sebagai juara.

Sumber : cnnindonesia.com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *